Puji syukur ke hadirat Allah swt, atas rahmat dan karuniaNya, Jurnal Farmasi Galenika volume 5 no 1 tahun 2018 dapat diterbitkan. Kami ucapkan terima kasih kepada para peneliti yang telah mengirimkan artikelnya untuk diterbitkan di Jurnal Farmasi Galenika.

Pembaca jurnal yang terhormat, pada edisi ini, hasil evaluasi dewan redaksi, kami menerbitkan 5 hasil penelitian. Pada volume ini menerbitkan 2 hasil penelitian di pelayanan Farmasi, penelitian aktivitas antioksidan, dan 2 penelitian analisis farmasi.

Prevalensi stroke yang semakin meningkat di Indonesia, semakin meningkatkan penggunaan obat pengencer darah untuk mengatasinya. Namun, adanya pasien yang resisten terhadap antiplatelet menjadi masalah bagi tenaga kesehatan dalam memberikan alternatif pilihan terapinya, agar tercapai tujuan terapi pada pasien. Penelitian berjudul “Prevalensi Resistensi Anti Platelet pada Pasien Stroke Iskemik di Rumah Sakit Bethesda, Yogyakarta” melaporkan tingkat resistensi terhadap antiplatelet pada pasien stroke. Walaupun masih dalam populasi terbatas, hasil ini dapat menjadi pertimbangan bagi RS lain dalam memberikan terapi antiplatelet pada pasien stroke.

Penelitian “Pengaruh Konseling Farmasis Terhadap Kualitas Hidup Pasien HIV/AIDS Rawat Jalan Di RSUP Dr. M. Djamil Padang” melaporkan bahwa tingkat kualitas hidup pasien HIV/AIDS sangat dipengaruhi oleh salah satu upaya pelayanan yang diberikan oleh apoteker berupa konseling. Mengingat bahwa sampai saat ini belum ada obat yang dapat menyembuhkan penyakit infeksi ini sehingga penting memberikan edukasi untuk meningkatkan kepatuhan pasien HIV/AIDS terhadap pengobatannya.

Peran radikal bebas terhadap kerusakan sel telah diketahui dan dibuktikan oleh berbagai penelitian hingga saat ini. Kadar radikal bebas dalam tubuh yang berlebihan telah diketahui sebagai salah satu penyebab awal terjadinya berbagai penyakit. Pola hidup saat ini menjadi salah satu pemicu meningkatnya radikal bebas. Oleh karena itu kebutuhan bahan aktif sebagai penangkal radikal bebas (antioksidan) semakin meningkat.  Penelitian “Aktivitas Antioksidan Daun dan Rimpang Tanaman Gandasuli  (Hedychium Coronarium J. Koenig) dengan Metode Peredaman DPPH” melaporkan aktivitas antioksidan yang berasal dari bahan alam Indonesia.

Kurkumin sebagai salah satu komponen utama dalam rimpang kunyit telah diketahui memiliki berbagai aktifitas farmakologi. Namun, salah satu kendala penggunaannya adalah senyawa tersebut mudah terurai. Penelitian “Pembuatan Dan Karakterisasi Natrium Kurkumin” memberikan solusi terhadap permasalahan tersebut. Hasil ini memerlukan penelitian lebih lanjut.

Air minum sebagai kebutuhan sehari-hari, saat ini lebih praktis menggunakan isi ulang. Bahkan, peluang bisnis air minum isi ulang semakin meningkat dan menjanjikan. Penelitian ” Analisis Logam Fe dan Mn serta Cemaran Mikroba  pada Air Minum Isi Ulang” melaporkan tingkat keamanan air minum isi ulang yang ada di masyarakat.

Laporan penelitian ini diharapkan dapat dimanfaatkan langsung oleh masyarakat dalam rangka pemeliharaan kesehatan dan menjadi landasan penelitian lanjut bagi peneliti. Sehingga terwujud masyarakat Indonesia sehat dan sejahtera.

Bandung, April 2018

Dewan Redaksi

Published: 2018-05-28